Selasa, 23 Mei 2017

Latihan gitar dasar yang benar


Pribahasa mengatakan “practice make perfect”. Walaupun ada seorang yang menyatakan “Only perfect practice make perfect”.  Setuju sekali dengan kedua pernyataan tersebu bahwa untuk menjadi seorang yang pandai akan sesuatu, maka kita perlu berlatih dan berlatih. Berlatih yang bagaimana? Tentunya berlatih yang benar seperti yang dinyatakan oleh pernyataan yang kedua.

Untuk pandai bermain gitar, tentunya kita harus meluangkan waktu kita untuk berlatih. Berlatih teori musik dan tentunya tak lupa praktiknya. Kedua hal ini tidak bisa dipisahkan berlatih antara teori dan praktik.

Latihan gitar dasar adalah latihan yang dilakukan pertama kali oleh gitaris pemula, dan yang akhirnya lagihan dasar ini akan dipakai oleh para gitaris handal sebagai latihan pemanasan sebelum manggung. Olleh karena itu, latihan gitar dasar ini sebenarnya tidak mengalami perubahan yang cukup signifikan. Biasanya yang berubah adalah tempo.

Berikut adalah contoh latihan dasar

Untuk teori: berlatih membaca not balok atau tab gitar, agar semakin lancar dalam membacanya. Jika saat belajar gitar kita hanya bisa mengejanya, sekali-kali kita langsung mainkan saja.

Untuk prakteknya: berlatih meningkatkan kecepatan dan keakuratan jari kita. Biasanya kita sebut fingering. Latihan fingering ini banyak sekali tutorialnya di youtube. Kalau saya bikin videonya disini maka akan terlalu banyak, dan karena sebenarnya latihan fingering itu tidak ada perubahan signifikan.

Ketika kita berbicara soal akustik, pasti yang teringat dipikiran kalian adalah cover video-video yang diunggah ke  youtbe yang menyanyikan lagu-lagu yang sudah populer dan kemudian ikut terkenal. Dalam permainan gitarnya tidak ada yang spesial, mereka hanya membunyikan beberapa chord saja bahkan sederhana sekali, tapi jangan lupa mereka itu intinya bukan untuk mengcover instrumennya tapi nyanyiannya. Jangan tergiur oleh permainan gitar sederhana cover video mereka, itulah yang menyebabkan kita malas untuk belajar gitar. Teman saya pernah bilang, untuk apa jago main gitar, Cuma tau beberapa kunci saja bisa terkenal tuh di youtube. tapi bukan berarti kan kita juga hanya harus tahu beberapa kunci saja kan, untuk terkenal atau bisa bermain gitar.  Saya yakin, gitaris terkenal yang buta nada sekali pun (ada gitaris terkenal yang buta nada yang tidak bisa saya sebutkan namanya) sebenarnya jika mereka bisa dan ada waktu untuk belajar tangga nada pasti mereka akan belajar tangga nada. Mereka pasti ingin belajar gitar yang benar, bukan yang belajar gitar dari chord ke melodi.

Latihan gitar akustik yang baik adalah dengan cara kita bernyanyi bersama teman. Ya, kita bernyanyi lagu-lagu yag sedang populer saat itu misalnya. Jika kita punya waktu luang menurut saya sebih baik dipakai untuk latihan dasar, mengapa jika kita gunakan untuk latihan dasar maka manfaatnya pasti akan lebih terasa. Jujur saja latihan gitar dasar itu lebih baik dari pada latihan gitar akustik.
Tidak usah terburu saat berlatih gitar, rasakan musiknya. Rasakan iramanya, rasakan ketukannya, karena jika kita sudah terbiasa dengan ketukan yang pas, maka suara gitar yang rapi akan kita dapatkan. Tapi jika ingin latihan gitar meningkatkan kecepatan maka silahkan saja asal rapi.