Jumat, 19 Mei 2017

Belajar chord dulu, atau Melody dulu yah?

Tiap-tiap orang yang baru belajar bermain gitar, pasti menanyakan gitar kunci dasar nya apa? Ada ngga lagu yang kunci dasarnya mudah? Ngga banyak pindah-pindahnya? Mengapa banyak gitaris pemula yang ingin belajar kunci gitar dasar. Padahal ngga ada yang namanya kunci dasar atau chord dasar. Semua chord itu penting, digunakan sesuai kebutuhan.


Sebagian besar lagu-lagu indonesia memang memiliki progresi chord yang ngga aneh atau istilahnya itu-itu aja. Saya sebut saja yaitu: C G Am Em F C Dm G. banyak sekali lagu-lagu yang bisa diiringi dengan chord tersebut.

Nah, gitaris pemula selalu ingin belajar chord tersebut. Merasa jika bisa menguasi chord diatas, maka ia sudah bisa main gitar. Tapi saya jamin jika sudah menghafal chord diatas, pasti selanjutnya akan bosan jika bermain gitar. Berbeda sekali dengan gitaris pemula yang tahu asal usul bagaimana chord tersebut dibentuk. Orang tersebut akan lebih menghargai sebuah chord dan progresinya dan akan lebih merasa tertantang untuk mempelajarinya lebih jauh.

Kemudian, ketika ingin meningkatkan skill untuk menjadi pemain melodi, pertanyaan nya adalah bagaimana cara belajar knci gitar melodi. Jawabannya tidak ada. Tidak ada itu yang namanya kunci melodi. Perlu diketahui bahwa. Sebelum belajar chord itu harusnya belajar melodi dulu. Bukan malah sebaliknya.

Chord itu dibentuk dari melodi, melodi yang dimainkan dengan bersamaan. Sebenarnya yang namanya scale itu tidak ada, itu adalah buatan dari maestro agar lebih mudah dipelajari. Semua orang bisa membuat scale nya sendiri. Tidak dilarang ko jika ingin membuat scale sendiri.

Banyak orang yang berfikir termasuk saya (dulu), belajar melodi itu dari chord. Dan ternyata salah, chord lah itu yang asalnya dari melodi. Jadi belajar melodi dulu baru belajar chord. Cara belajar melodi di gitar adalah dengan faham teori nya, yaitu tangga nada. Tidak ada jalan pintas untuk bisa menguasai melodi yang indah. Jika ingin belajar melodi belajar tangga nada, kemudian langsung terapkan di gitar, seperti yang sudah saya posting di halaman ini mengenai asal usul chordgitar.

jika kita ibaratkan melodi itu seperti merangkat kemudaian berjalan yang akhirnya berlari, sedangkan chord itu belajar langsung melompat. Sebelum bisa melompat apalagi sampai jauh, maka kita harus belajar berjalan dulu. Berjalan semakin kencang, kemudian baru bisa melompat. Sama halnya dengan giitar, sebelum melompat (pindah chord misalnya), jari kita dilatih berjalan-jalan dulu dengan mempelajari melodi. jangan menganalogikan bisa melompat pasti bisa merangkak atau bahkan berlari.


Chord gitar dibentuk olehmaestro musik hebat pada jaman dulu, intinya yang ingin saya sampaikan adalah, kita bebas membuat chord semau kita. Penamaan chord adalah cara agar chord yang kita buat biasa juga dimainkan oleh orang lain.

Jadi,jika masih ada yang bertanya, bagaimana belajar kunci gitar untuk pemula. Jawab saja, belajar melodi dulu baru belajar chord. Toh chord itu asalnya dari melodi kan.