Minggu, 28 Mei 2017

Cara bikin video cover gitar youtube (low budget)

Postingan ini akan membahas bagai mana cara membuat gitar cover yang ada di youtube tentunya dengan low budget. Tutorial ini ditujukan bagi kalian yang sudah pandai bermain gitar dan ingin mencoba unjuk gigi melalui youtube tapi kurang modal (hehe sama saya juga).

Sekalian juga dipostingan ini saya akan mengajarakan cara menambahka effect gitar rig agar hasil rekamannya lebih bagus lagi. Tapi pastikan kalian sudah mendownloadnya dari situs reminya yaitu _http://native-instrumen.com versi gratisnya sudah ada jadi silahkan di download yah. Kemudian, install hingga selesai, ikuti langkah selanjutnya nanti.

Kita tau kalau yang namaya rekam audio itu membutuhkan yang namanya audio interface agar hasil rekamannya bagus, tapi karna lowbudget kita tidak membutuhkan itu. Dan cara melakukannya sudah saya terangkan di postingan yang ini tentang bagaimana settingnya. Ada dua artikel, silahkan cari saja di blog ini.

Oke langsung saja yang diperlukan:

  • Gitar elektrik boleh akustik asal ada piezonya.
  • Laptop atau pc
  • Smartphone

Cara merekam gitar di cubase 

Kita akan rekaman live alias ngga bohongan, atau bukan seperti membuat video klip. Kita rekaman dengan memisah kan suara dan video. Suara kita masukanke komputer, sedangkan video kita rekam dengan smarphone. Kemudian setelah selesai kita gabungkan dengan software editing seperti sony vegas atau adobe premiere pro, dan lainnya kebetulan yang saya tahu hanya kedua itu saja.

Pastikan gitar kita sudah masuk ke komputer maksudnya sudah dicolokkan ke input mic. Kemudian sudah di setting dengan Cubase nya seperti yang diterangkan di postingan ini mengenai cara setting Cubase untuk rekaman

Tempatkan smartphone pada pencahayaan yang bagus, biasanya kualitas smarphone mempengaruhi. Pastikan smartphone sudah kita setting semaksimal mungkin gambarnya. Kalau belum tau silahkan searching dulu di google cara setting kamera smartphone agar kualitas videonya bagus.
Studi case yang akan saya buat hari ini adalah kita akan mengcover lagu canon rock. Yap betul sekali lagu ini dulu terkenal sekali. Yang saya lakukan adalah.

Mencari backing track lagu tersebut di youtube atau di google kemudian menyimpannya kedalam hardisk kita maksudnya diunduh:

Setelah kita dalam posisi ini, maksudnya sudah tersedia 2 track yaitu untuk gitar kita dan backing track canon roknya. Pastikan input gitar sudah terbaca dengan cara kliik tombol monitoringnya. Seperti:
Import filenya di bagian gitar backing tracknya seperti berikut:

Kemudian hasinya akan seperti ini:

Sekarang kita akan masuk pada cara memasukan effect gitar rig ke track gitar kita, cara nya pilih track gitar kita kemudian pilih insert yang ada di sebelahkiri, kemudian dibawahnya klik effect gitar rig nya.
Kemudian akan muncul gitar rignya. Setelah itu setting effect nya, kalian bisa coba-coba sendiri atau memilih preset yang sudah ada  disana. Tapi sya memilih membuat sendiri agar hasinya lebih maksimal. Settingan gitar rig saya seperti ini, di gitar saya cocok tapi di gitar kalian mungkin cocok mungkn tidak, silahkan dicoba sendiri.
Baik kita ke puncak nya yaitu, tinggal rekamannya. Tekan tombol rekam di smartpone setelah itu kita tekan tombol rekam juga di Cubase, dan bersiap rrooooooccckkkk..
Setelah selesai tinggal di save.

Selesaiii, sekarang tinggal menggabungkan antara video dan audionya, untuk tutorialnya akan saya tulis di postingan selanjutnya, karena saya kira sudah terlalu panjang di postingan ini. tapi hasilnya bisa dilihat dibawah. 
Rekaman gitar series:



EmoticonEmoticon