Minggu, 22 Oktober 2017

CARA MENJADIKAN GITAR SEBAGAI MIDI KONTROLER

Midi Controller
Midi Controller
Midi kontroller adalah sebuah alat biasanya berbentuk piano yang fungsinya bisa tergantung keperluan. Misalnya dalam hal musik midi kontroller digunakan untuk memainkan not-not pada sebuah lagu. Midi kontrolller harganya berpariasi dari yang 750rb hingga jutaan. Karena alat ini umumnya berbentuk piano maka pada dasarnya minimal kalian harus bisa sedikit bermain piano agar tidak terlalu canggung saat menggunakan midi kontroller tersebut.
Akan tetapi, dengan menggunakan midi guitar ini kita bisa bermain alat musik apa saja dengan guitar tesebut. Cara kerja midiguitar ini adalah plugin tersebut menerima sinyal audi kemudian merubahnya menjadi sinyal midi, lalu sinyal midi ini diinputkan ke dalam vst, dan dari vst tersebut itulah kita mendapatkan suara-suara musik lain aneka ragam tergantuk keiinginan kita.

Baik tanpa berpanjang lebar lagi mari kita mulai tutorialnya, sekarang siapkan alat-alat yang dibutuhkan.

Alat-alat yang dibutuhkan

  • DAW (dalam hal ini saya menggunakan cubase 5)
  • Gitar elektrik ataupun akustik yang sudah ada pickupnya
  • Guitar link atau soundcard
  • Plugin Jamorigin

Cara Setting plugin

  • Pastikan alat-alat yang dibutuhkan sudah lengkap.
  • Simpan plugin jam origin midi guitar kalian pada folder vst kalian. Tiap folder beda, silahkan kalian setting sendiri, settingannya bisa di lihat pada Devices->Plugin Information->VST 2.x Plugin Path. Bisa kalian copy-kan pluginnya pada folder yang sudah ada atau bisa kalian buat folder lain kemudian kalian inputkan locasi plugin vst kalian terhadap cubase nya.
VST 2.x Plugin Path
VST 2.x Plugin Path
  • Setting gitar agar bisa direkam dengan menggunakan cubase, untuk tutorial ini sudah ada postingannya jadi silahkan dibaca saja di blog ini.
  • Pastikan kalian sudah sampai pada tahap berikut:

indikator input dari guitar
indikator input dari guitar
  • Jika sudah sampai pada tahap ini sekarang kalian input plugin midi guitar nya dengan cara: Insert>pilih Midiguitar32/64. Kemudian akan muncul interface Midi guitarnya.

midi guitar
midi guitar
  • Untuk sementara tutup dulu plugin midi guitarnya, lalau pilih vst yang akan kalian kontrol menggunakan cubase dengan cara klik Devices – Vst Instruments – Pilih HalionOne. Misalnya disini saya menggunakan HalionOne dengan suara Cello2. Kalian bisa memilih VST favorite Kalian seperti kontakt, addictive key, dan lainnya.

HalionOne VST
HalionOne VST
  • Jika sudah sampai sini, maka pada input midi dari HalionOne nya pilih output dari guitar kita yaitu midi guitar jamorigin.

Setting Input Midi
Setting Input Midi
  • Selesai, sekarang coba kalian mainkan melody dengan gitar kalian, dan pasti outputnya adalah suara dari cello VST HalionOne. Namun, ada sedikit masalah yaitu pasti akan ada suara piano yang mengikuti, dari midi guitarnya. Sekarang kita hilangkan dengan cara

Menghilangkan suara piano pada midi guitar
Menghilangkan suara piano pada midi guitar
Dengan demikian, selesailah cara menjadikan guitar sebagai midi kontroller. Mudah bukan. Midi guitar ini sebenarnya berbayar. Namun ini ada versi beta terdahulunya. Kalian bisa mengunjungi web aslinya yaitu jamorigin* jika kalian merasa punya uang lebih untuk membeli plugin ini. Tutorial ini hanya alternatif saja bagi yang belum mampu seperti saya untuk membeli plugin tersebut.

1 komentar

Cara Menjadikan Gitar Sebagai Midi Kontroler - Blogshareguitar >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Cara Menjadikan Gitar Sebagai Midi Kontroler - Blogshareguitar >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Cara Menjadikan Gitar Sebagai Midi Kontroler - Blogshareguitar >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK v0


EmoticonEmoticon