Jumat, 19 Mei 2017

Cara rekam suara gitar ke komputer dengan low budget

Di jaman sekarang ini, cara untuk memamerkan karya kita mudah sekali. Itu karena adanya internet. Jaman dahulu jika ingin menjadi seorang musisi kita harus membuat midi dan menawarkannya ke label label ternama. Kalau berhasil alhamdulillah, dan kalau gagal biasanya kecewa.


Salah satu platform yang paling baik sekali menurut saya sekarang ini adalah  youtube. Youtube adalah platform yang tepat untuk para gitaris berkarya. Sebut saja orang yang terkenal seperti sungha jung. Siapa gitaris yang tidak tahu dia.

Untuk tips kali ini saya akan membaginya menjadi beberapa bagian, itu karena jika saya kumpulkan dalam satu posting pasti pembacanya sudah pada kabur karena terlalu panjang.
  1. Persiapan software dan hardware
  2. Penginstalan dan settingan dasar
  3. Setting fx dan menghilangkan noise yang menggangu sewaktu rekaman

Langsung saja, langkah pertama yang harus dilakukan adalah.

Harus punya komputer atau pc. Komputernya minimal diatas Pentium 4 dengan ram 2gb. Komputer yang saya rekomendasikan adalah komputer yang sistem kelistrikannya baik. Baik bagaimana maksudnya? Maksudnya adalah sistem kelistrikannya sudah ada sistem groundingnya. Cirinya adalah kabel yang ada di rumah kamu sudah berisi 3, kalu isi kabelnya masih 2 berarti sistem grounding nya belum benar. Ada alternativnya, yaitu kita sambungkan suatu kabel ke casing pc pada bagian baut power suplay, kemudian ikatkan ujung kabel yang satunya ke besi, nah besinya ini di tancapkan ke tanah yang agak basah. Fungsi grounding ini adalah untuk meminimalisir noise yang ditimbulkan.


Gitar yang ada harus sudah ada pickupnya, kalau gitar elektrik pasti sudah ada pickupnya. Hanya tinggal membeli konverter nya saja.dari jack ¼ ke 3.5mm. akan tetapi jika kita ingin merekam gitar akustik yang tidak mempunyai pickup maka kita harus membelinya dulu, harganya sekitar 35rb-150rb an (itu masih termasuk murah yah).


Memilih software yang tepat, biasanya disebut DAW. DAW ini bukan hanya untuk merekam gitar saja, biasa juga merekam suara vocal, synthesizer (vst). DAW dijaman sekarang ini banyak sekali, ada Cubase (yang akan saya pakai), FL Studio, Magix, Logic Pro, Sonar, Acid, Studio One, Sonar, dan lain sebagainya. Mengapa saya memilih Cubase? Saya memilih Cubase karna menurut saya ini yang paling mudah. Dan cocok buat saya. Dimana dapat software ini? Sebenarnya software ini berbayar, tapi ada Cubase yang trialnya biasanya sekitar sebulan. Tapi dengan sedikit trik, kita bisa mengakalinya hingga biasa mencapai 100 tahun trialnya.


Audio interface, audio interface adalah suatu hardware yang bisa mengubah sinyal analog dari gitar kita menjadi sinyal digital untuk berada di komputer kita. Biasanya audio interface ini agak mahal tapi kita tidak akan menggunakan audio interface, ini. Karena kalau kita menggunakan audio interface ini maka budgetnya agak mahal.



EmoticonEmoticon