Kamis, 04 Mei 2023

Mengenal Scale Melodic Minor: Konsep, Pembentukan, dan Contoh Progresi Chord

Scale Melodic Minor, atau yang biasa disebut dengan skala minor melodi, merupakan salah satu skala penting dalam musik. Skala ini dibentuk dari skala natural minor dengan menaikkan nada ke-6 dan ke-7 satu setengah nada pada saat naik, dan turun kembali ke skala natural minor pada saat turun. 


Dalam hal pembentukan, Scale Melodic Minor dapat diilustrasikan dengan contoh pada kunci A minor. Skala natural minor A adalah A, B, C, D, E, F, G, A. Untuk membentuk skala melodic minor A, nada F dan G dinaikkan setengah nada menjadi F# dan G#. Skala melodic minor A kemudian terdiri dari nada A, B, C, D, E, F#, G#, A. 


Scale Melodic Minor sering digunakan dalam improvisasi jazz dan musik fusion karena nada-nada yang terdapat pada skala ini dapat memberikan warna yang lebih kompleks pada improvisasi. Salah satu contoh progresi chord yang menggunakan Scale Melodic Minor adalah sebagai berikut:


Dm7 - G7 - Cmaj7 - A7alt


Pada progresi chord di atas, akord Dm7 menggunakan skala D melodic minor pada saat improvisasi. Skala yang digunakan pada akord G7 adalah G altered scale, yang merupakan salah satu mode dari skala melodic minor. Pada akord Cmaj7, skala yang digunakan adalah C major scale. Sedangkan pada akord A7alt, skala yang digunakan adalah Bb melodic minor.


Selain itu, Scale Melodic Minor juga dapat digunakan pada penggantian akor (chord substitution). Misalnya, pada progresi chord Am7 - Dm7 - G7 - Cmaj7, dapat dilakukan penggantian akor dengan mengganti Am7 dengan Bm7b5. Dengan penggantian akor tersebut, skala yang digunakan pada akor Bm7b5 adalah B melodic minor.


Pada improvisasi dengan Scale Melodic Minor, terdapat beberapa pola pentatonik yang dapat digunakan sebagai dasar improvisasi. Salah satunya adalah menggunakan pola minor pentatonic pada nada-nada tertentu dari skala melodic minor. Sebagai contoh, pada skala A melodic minor, dapat digunakan pola minor pentatonic pada nada A, C, D, E, dan G.


Dalam kesimpulannya, Scale Melodic Minor adalah skala yang penting dalam dunia musik, khususnya pada improvisasi jazz dan musik fusion. Skala ini dibentuk dari skala natural minor dengan penambahan dua nada pada saat naik dan kembali ke skala natural minor pada saat turun. Contoh progresi chord yang menggunakan Scale Melodic Minor adalah Dm7 - G7 - Cmaj7 - A7alt. Selain itu, terdapat pola pentatonik yang dapat digunakan pada improvisasi dengan Scale Melodic Minor.


EmoticonEmoticon