Selasa, 06 Juni 2017

Benarkah belajar genre jazz atau klasik bisa mempercepat belajar gitar

Ketika belejar gitar gitar dulu, ada rumor atau apalah itu namanya belajar genre musik ini dulu biar semuanya dikuasai. Ada juga yang bilang jangan belejar genre musik itu dulu nanti permainan gitarnya itu-itu aja. Belajar gitar atau musik bukan bertujuan untuk menguasai semua genre musik. pilih saja salah satu genre musik yang paling kita sukai misalnya pop, rock, blues, jazz, classical, r&b dan yang lainnya. 

Mitos yang paling umum yang pertama kali saya dengar adalah agar bisa bermain gitar petikan harus banyak belajar lagu-lagu klasik. tidak, menurut saya itu tidak benar. jika kita suka lagu pop misalnya, banyak ko lagu pop yang dipetik.

rumor yang kedua adalah agar bisa menguasai semua genre lagu maka kita harus menguasai lagu-lagu jazz. nyatanya, orang-orang yang bermain lagu-lagu jazz itu agak kesusahan ketika memainkan lagu-lagu klasik. jadi tidak ada yang diunggulkan kan dalam memilih genre lagu.

Lalu, apakah ada genre musik yang bisa mempercepat proses belajar gitar kita? lagi-lagi saya jawab tidak ada. lagu yang baik untuk mempercepat proses belajar gitar adalah lagu-lagu yang kita benar-benar sukai. misalnya saya suka lagu heavy metal, maka saya akan belajar lagu yang saya sukai tersebut.

Namun, dibalik menyukai satu genre tersebut apakah ada kekurangannya? menurut saya itu bukanlah suatu kekuragan, karena kita menyukai satu atau lebih genre musik itu relatif tidak ada batasan. contohnya sederhananya hampir semua pemain jazz itu tidak mau atau tidak suka bemain musik yang bukan aliran musik kesukaannya. jadi jangan dipaksakan, kalau suka lanjutkan kalau ngga tinggalkan.

Pasti akan ada dampak dari hanya menyukai satu genre musik ini yaitu kita akan agak susah berbaur dengan pemusik yang beda kesukaan aliran musiknya. tapi jangan jadikan itu sebagai hambatan, justru jadikan itu sebagai tantangan untuk berkolaborasi agar bisa menghasilkan musik baru yan belum didengar orang.