Kamis, 18 Mei 2017

Sesuatu yang diperlukan Jika Ingin Pandai Bermain Guitar


Gitar dipelajari bukan hanya dari segi praktek, tapi harus dipelajari dari sisi teorinya juga. Seorang gitaris pemula biasanya mencari ilmunya dari internet dengan mengetikkan “bagaimana cara belajar bermain gitar untuk pemula” atau sesuatu yang mirip dengan kata kunci tersebut. Akan ditampilkan beberapa web yang merangking seperti “kunci dasar bermain gitar” atau “kunci gitar yang wajib dikuasai pemula” dan lain sebagainya. Harus saya katakan bahwa cara ini salah, dan tidak direkomendasikan. Cara ini memang cara tercepat untuk belajar gitar dan saya akui. Tapi gitaris ini tidak mengetahui dampak dari belajar gitar seperti ini. Berikut dampaknya

Cepat bosan

Orang yang belajar gitar dengan cara instan pasti cepat bosan ketika belajar gitar. Merasa bermain gitar itu tidak ada peningkatan, bahkan merasa tidak punya sedikit pun bakat dalam bermain gitar. Bahkan ada yang lebih parah, malah yang asalnya berniat belajar gitar ingin pindah ke alat musik lain yang dianggapnya lebih mudah. Tidak, itu salah. Tidak ada sesuatu yang lebih sulit atau lebih mudah itu tergantung bagaimana orang tersebut memandang hal tersebut. Jadi kalau tidak ingin cepat bosan saat belajar gitar, jang pakai cara instan.

Kurang termotivasi

Permainan gitar yang itu itu saja, pasti menyebabkan seseorang cepat bosan saat bermain gitar. Ketika kita punya gitaris idola, biasanya kita ingin sekali bisa memainkan not2 yang dimainkan oleh sang idola tersebut. Masalahnya adalah gitaris-gitaris pemula biasanya feeling-nya belum setajam gitaris yang sudah handal, oleh karena itu cara agar bisa memainkan not2 yang sama dengan gitaris idola kita, kita harus bisa membaca. Maksud membaca disini adalah membaca not2.

Jika kita bisa membaca not maka kita bisa membaca not yang dimainkan gitaris idola kita. Dimana kita tahu? Dari internet juga. Sekarang ini di internet, semua musik yang pernah diciptakan dan dipublikasikan pasti ada sheet musiknya. Sheet musik itu buku atau karya musik yang dimuat di dalam kertas. Agar bisa dimainkan oleh orang lain. Dengan kita biasa memainkan not2 yang sama dengan idola kita, biasanya kita akan lebih termotivasi. Dan agar kita lebih termotivasi kita jangan belajar gitar dengan instan.

Untuk belajar gitar dengan tanpa instan, maka kita hendaknya belajar dari runtutannya, yaitu mempelajari dulu teorinya baru praktik.

Salah satu dari yang paling penting adalah Notasi. Ya notasi musik adalah kunci utamanya. Semua gitaris professional pasti bisa membaca notasi. Dan, cara mereka mengajarkan nya pun pasti melalui notasi musik. Jadi jika ingin pandai bermain maka kita harus bisa membaca notasi musik


EmoticonEmoticon