Selasa, 07 Februari 2017

Perlukah membeli capo?


Capo adalah alat yang dipasang di freetboard guitar yang fungsinya untk  menekan sebagian atau seluruh string/senar gitar, sehingga akan menaikan nada dasar tiap senar tergantung posisi caponya. Capo biasanya dipasang untuk seluruh bagian senar, akan tetapi tidak semuanya seperti itu ada bentuk pemasangan capo yang unik. 



Capo itu banyak jenisnya, ada yang normal seprti contoh pertama, ada juga yang disebut dengan shorcut capo, Screw On Capo, Roll On Capo, dan Partial Capo.


Berkaitan dengan judul postingan diatas, yaitu “ perlukah membeli capo ?” keperluan mengenai capo itu bersifat opsional, bisa perlu bisa tidak. Buat saya capo itu adalah pembatas potensi. Mengapa disebut demikian? Saya sebut begitu karena dengan kita menggunakan capo, maka salah satu skill guitar kita ada yang berkuran. Skil yang saya maksud disini adalah kemampuan untuk menentukan kunci yang berbeda nada dasar dengan cepat. Misalya:

Jika sebuah lagu chordnya adalah C G Am Em F C Dm G, kemudian ketika penyanyi kita ingin menaikan nada dasarnya menjadi D# karena terlalu rendah, maka caranya dengan memakai capo pada kolom tiga. Ketika capo tersebut pasang, dengan bentuk chord yang sama, kita sudah mengiringi penyanyi yang nada dasarnya D#. Mempermudah memang mari kita lanjut. Jika kita tidak memakai capo, maka chord yang harus kita tahu adalah D# Bb Cm Gm G# D# Fm Bb, pasti bingungkan? Makanya baca postingan mengenai asal usul chord agar faham.

Menggunakan capo memang sangat membantu sekali, akan tetapi memakai capo ini ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya adalah tidak perlu pandai mencari chord yang paralel dengan chord yang dimaksud sedangkan kekurangannya ada dua, yaitu: seperti yang disebutkan diatas, menurunkan skill guitar kita dan capo tidak bisa selamanya dipakai untuk di seluluh fretboard gitar. Bayangkan jika caponya dipasang di kolom 9 atau 10, maka suaranya tidak enak.

Jadi perlukah membeli capo? Tergantung kebutuhan, kalau hanya untuk belajar pertama kali sih boleh-boleh saja atau memang butuh, silahkan beli atau bisa bikin sendiri, karena prinsip dasarya capo itu kan membantu menekan senar pada fretboard gutiar.

Misalnya:



EmoticonEmoticon