Minggu, 05 Februari 2017

Faktor yang harus dipertimbangkan ketika membeli guitar


Agar lebih mudah kita akan klasifikan dulu jenis guitarnya.

Guitar jika kita klasifikasikan menurut jenis senarnya itu dibagi 2 yaitu guitar klasik dan akustik. Guitar klasik adalah guitar yang cirinya memiliki senar nilon. Guitar akustik adalah guitar yang memiliki senar kawat. Guitar elektrik adalah termasuk guitar akustik karena bersenar kawat.

Guitar jika kita klasifikasikan berdasarkan output suara maka guitar itu dibagi menjadi guitar elektrik dan guitar tabung. Guitar listrik adalah guitar yang output suaranya dari amplifier guitar (tentunya memerlukan energi listrik agar bisa menghasilkan suara). Sedangkan guitar tabung adalah guitar yang output suaranya berasal dari resonansi senar guitar. Biasanya guitar yang tabungnya besar suaranya lebih bagus. Langsung kebagian utamanya yaitu memilih

Keperluan

  1. Pikirakan dulu niat kita belajar guitar untuk apa?
  2. Apa untuk iseng-iseng?
  3. Apa untuk nembak cewek yang kita suka? Apa untuk tes musik?
  4. Apa untuk berkarir di dunia musik atau jadi youtuber?


Tujuannya adalah agar kita bisa memilih guitar yang tepat dan benar-benar kita perlukan. Jika kita belajar guitar untuk iseng-iseng ya beli guitarnya yang standard aja. Atau jika kita belajar guitar hanya untuk membuat orang yang kita suka terpesona, mungkin yang standard aja cukup. Guitar yang standard itu yang seperti apa? Guitar yang standard itu yang ngga terlalu mahal, biasanya guitar yang standard ini dijualnya dimana-mana. Bisa dijual di toko buku, toko sepeda, bahkan di tempat fotocopy pun ada (pernah ngalamin ada). Tes musik apa lagi, biasanya kan ngga perlu haru punya, malahan suka disediain. Akan tetapi, jika kita ingin berkarir di dunia musik maka kita harus memilih guitar yang tepat. Guitar yang bener-bener kita butuhkan untuk menopang karir emas kita.

Merek


Merek biasanya dikaitkan dengan kualitas baik atau tidak nya suatu guitar. Memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa memang merek guitar salah satu indikatornya. Seperti Ibanez, Gibson, Sechter, Cort, Lakewood dan lainnya (itu yang saya hafal). Brand terkenal diatas biasanya menggunakan bahan-bahan guitar yang bagus jadi pasti mahal. Apalagi produksi luar negri.

Genre musik yang kita sukai termasuk guitaris favorit kita


Genre musik yang kita suka biasanya berpengaruh terhadap permainan guitar kita. Jika kita suka genre musik rock pilihlah guitar yang memang cocok dengan passion kita. Guitaris favorit kita juga berpengaruh biasanya. Tapi bukan maksud saya harus sama dengan guitaris favorit kita, malahan harus beda. Namun, kecenderungan memilih guitar berdasar guitaris favorit kita itu memang harus dipertimbangkan. Orang yang guitarnya mirip dengan yang diidolakannya biasanya bisa menambah percaya diri. Bahkan bisa lebih semangat lagi dalam mengasah skil bermain guitar kita.

Budget



Guitar-guitar bermerek umumnya memiliki harga yang mahal yah. Tapi itu akan sebanding dengan kualitas guitar yang akan kita dapatkan.Jadi jangan kaget, karena memang kualitasnya pun bisa diacungi jempol. Hitunglah besar budget yang kita punya sebelum pergi ke toko alat musik kesayangan anda.


EmoticonEmoticon