Rabu, 21 Desember 2016

Cara Stem guitar

Stem guitar adalah cara kita menentukan nada awal dari masing-masing senar. Kita tahu bahwa pada masing-masing senar memiliki nada dasar. Berikut adalah listnya.


  • Senar no 1 Nada dasarnya adalah E
  • Senar no 2 Nada dasarnya adalah B
  • Senar no 3 Nada dasarnya adalah G
  • Senar no 4 Nada dasarnya adalah D
  • Senar no 5 Nada dasarnya adalah A
  • Senar no 6 Nada dasarnya adalah E.


Mengapa nada dasarnya harus itu? Perlu diklasifikasi dahulu, sebenarnya tidak ada yang mewajibkan untuk setiap senar guitar bernada dasar seperti yang disebutkan diatas. Kita bisa mengubah pengaturan nada dasar itu semau kita, kita bisa berkreasi dengan membuat settingan nada dasar yang unik, bahkan tidak ada yang menyamai. Misalnya kita ingin semua nada dasarnya sama   E E E E E E, atau A E B G F C. kita bebas membuat settingan nada dasar yang membuat kita nyaman. Kata “Nyaman” disini berarti relative, maksudnya apa? Maksudnya adalah ada beberapa guitaris yang tidak suka atau tidak terlalu biasa menggunakan settingan nada dasar seperti yang diatas, ataupun ada beberapa guitaris yang menurunkan settingan nada dasarnya hanya untuk menyesuaikan suara guitarnya dengan suara penyanyinya. Perlu digarisbawahi bahwa, “dengan merubah settingan nada dasarnya, maka bentuk chord nya pun akan berubah. Jika kita tetap memaksakan chord nya pada settingan yang berbeda dari yang seharusnya maka akan kedengarannya fals (tidak enak didengar), itulah mengapa saya beritahu dulu bagaimana asal usul chordguitar, bisa klik disini. Jika masih belum mengerti, saya akan beri contoh :

Misalnya kita memainkan Chord C pada setingan nada dasar standard (E B G D AE), maka bentuknya akan seperti ini:


Cara Stem gutar


Untuk settingan nada dasar Standard, maka suara yang dihasilkan chord C ini akan enak didengar. Akan tetapi, Jika Chord C ini kita gunakan untuk settingan nada dasar yang berbeda, misalnya kita tentukan nada dasarnya seperti: E C G D Bb E, suara yang dihasilkan chord C yang tadinya enak didengar akan terdengar fals/sumbang (tidak enak didengar). Berikut ilustrasinya.

Cara Stem gutar


Agar Suara yang dihasikan dari settingan nada dasar berikut enak didengar, maka kita harus merubah bentuk chordnya. Untuk itulah mengapa saya beritahukan kepada rekan-rekan kenapa kita harus tahu asal usul chord guitar ini. Bentuk dari chord C agar enak didengar adalah sebagai berikut:

Cara Stem gutar


Lho kenapa bentuknya seperti chord Em? seperti yang saya katakan tadi di awal, bahwa settingan nada dasar senar itu bisa kita ubah, dan juga Chord C itu bentuknya relative terhadap nada dasar dari masing-masing senar. Benar sekali, jika pada settingan nada dasar standard gambar ini disebut Chord Em. Bagaimana? Sudah terasa betapa pentingnya belajar  Asal-usul chord guitar? Kemudian, Manfaat lain dari Kita tau setting nada dasar senar guitar adalah, kita bisa menyesuaikan perubahan bentuk chord kita ketika nada dasar dari guitar kita tiba-tiba mengendur saat sedang konser/festival/lomba, tentunya jika kita meneruskan permainan tanpa mengubah bentuk chordnya, maka suara yang dihasilkan akan fals. Namun, sesaat kita menyadari bahwa nada dasar kita mengedur tanpa panic, kita santai saja mengubah bentuk chord kita.

Selanjutnya kita akan ke menu utama kita, yaitu mengenai stem guitar. Agar kita bisa menstem guitar dengan baik, rekan-rekan harus faham dulu apa itu tangga nada. Saya sudah membuat tulisan ini yang digabungkan degan artikel tentang asal usul chord guitar. Silahkan dibaca dahulu apa itu tangga nada bagaimana tangga nada pada guitar.

Metode atau cara untuk stem guitar sebenarnya ada banyak, tapi intinya adalah kita berusaha atau bertujuan untuk menentukan suatu nada dasar pada guitar kita. Baik itu settingan senar nada dasar standard atau yang lain. Agar lebih mudah dipelajari, kita akan setting senar guitar kita pada nada dasar standard, yaitu (E B G D A E).

Strategi menstem guitar kali ini adalah, kita akan menyesuaikan 5 senar lain pada satu senar yang dianggap utama.

Langkah-langkahnya adalah:

  1. Tentukan Nada dasar salah satu senar yang akan menjadi acuan nada dasar utama. Misalnya kita bisa menentukan nada dasar utamanya pada senar no 1 (kebanyakan orang memilih senar no 1). (nanti saya beri contoh bagaimana menstem senar guitar dari senar no 3 atau 4 atau 2.
  2. Setelah itu kita kencangkan senar no 1 ini hingga rekan-rekan bisa anggap senarnya sudah cukup tegang. Kemudian, kita juga misalkan senar no 1 yang sudah tegang ini dengan nada E (mi).
  3. Tugas selanjutnya adalah kita sesuaikan senar senar lainnya pada senar no 1 ini. Cara menyesuaikannya adalah kita harus tahu apa nada yang kita sentuh pada masing-masing kolom pada senar. Saya asumsikan rekan sudah tahu. Kemudian kita samakan nada senar 1 yang bernada E ini dengan senar 2 di kolom 5. Kenapa kolom 5? Karena senar 2 kolom 5 ini bernada E jika senar 2 ini bernada dasar B. itulah caranya. (jika belum mengerti, silahkan dibaca berulang-ulang).
  4. Jika sudah sama suaranya, maka sekarang tinggal senar nomor 3, tujuannya adalah sama yaitu menyamakan senar no 2 dengan senar no 3. Akan tetapi kolomnya berbeda. Kenapa berbeda? Itu dikarenakan tangga nada nya. Samakan senar no 2 yang bernada B ini dengan senar 3 dikolom 4. Karena senar 3 kolom 4 juga bernada B jika senar 3 ini bernada dasar G.
  5. Jika sudah sama suaranya, maka sekarang tinggal senar nomor 4, tujuannya masih sama yaitu menyamakan senar no 3 dengan senar no 4. Samakan nada pada senar no 3 yang bernada G ini dengan senar 4 dikolom 4. Karena senar 4 kolom 4 juga bernada G jika senar 4 ini bernada dasar D.
  6. Jika sudah sama dan harus sama suaranya, maka sekarang tinggal senar nomor 5, tujuannya lagi-lagi sama yaitu menyamakan senar no 4 dengan senar no 5.Samakan nada pada senar no 4 yang bernada D ini dengan senar 5 dikolom 5. Karena senar 5 kolom 5 juga bernada D jika senar 5 ini bernada dasar A.
  7. Jika sudah sama dan harus sama suaranya, maka sekarang tinggal senar nomor 5, tujuannya lagi-lagi sama yaitu menyamakan senar no 4 dengan senar no 5.Samakan nada pada senar no 4 yang bernada D ini dengan senar 5 dikolom 5. Karena senar 5 kolom 5 juga bernada D jika senar 5 ini bernada dasar A.
  8. Untuk senar yang terakhir, kita bisa menyamakannya dengan senar no 1. Atau bisa juga dengan menyamakan nada pada senar no 5 yang bernada E ini dengan senar 6 dikolom 5. Karena senar 6 kolom 5 juga bernada A jika senar 6 ini bernada dasar E.
  9. Jika masih belum paham, berikut ilustrasinya.

Cara Stem gutar



Apa harus kolom 5 terus? Apa harus seperti yang saya contohkan diatas? Tidak, ini adalah salah satu langkah. Harus diingat strategi utamanya adalah menyamkan 5 senar lain, pada satu senar, saya beri ilustrasi lainnya.

Cara Stem gutar

Cara Stem gutar



Untuk ilustrasi lainnya, rekan-bisa buat sendiri, kreasi sendi tanpa batas. Tapi ingat, strategi utamanya bahwa kita menyesuaikan 5 senar lain pada satu senar yang dianggap utama.

Strategi yang ke 2 ini lebih mudah, karena kita menstem guitar dengan menggunakan alat.
Berikut alat-alat yang bisa kita gunakan untuk menstem guitar.

Tunner


Tunner guitar merupakan alat stem guitar yang  yang yang sangat praktis, karena dengan alat ini kita bisa menstem guitar tanpa perlu bersusah payah mendengarkan nada yang dihasilkan. Dalam tuner guitar ini suah ada indicator, apakah senar kita terlalu tegang atau terlalu kendur.

Pith pipe


Tuner guitar ini juga bisa dibilang sangat praktis karena bentuknya yang sangat kecil dan bisa kita bawa kemana-mana. Cara menggunakannya adalah tiup ada lubang yang sudah ada nama nadanya, kemudian sesuaikan dengan nada senar yang dikehendaki.

Alat music lain


Dengan alat music lain yang sudah bernada pasti misalnya piano, suling, harmonica juga bisa. Intinya kita bunyikan nada pada alat music lain tersebut kemudian kita sesuaikan dengan nada senar yang kita kehendaki.

Hp android


Hp android bisa untuk stem guitar? Tentu bisa karena sekarang sudah banyak sekali develover yang membuat aplikasi yang serupa Tuner guitar di Playstore. Sehingga kita bisa dengan mudah menstem guitar ini. Akan tetapi kelemahannya adalah suara yang dihasilkan oleh guitar ini harus benar-benar murni dari suara guitarnya, tidak boleh ada gangguan sedikitpun. Karena jika ada bunyi lain maka aplikasi tunernya akan kurang optimal. 

Cara Stem gutar


EmoticonEmoticon